Tujuh Patung Penari Bali akan Hiasi Pantai Kuta ‎

0
205

BADUNG, Pos Bali – Pantai Kuta sejak beberapa minggu ini terlihat mengalami penataan, khususnya di kawasan pantai depan Pura Segara Kuta. Antara pantai dengan jalan setapak dibatasi oleh tembok/sekat setinggi kurang lebih 75 cm dengan panjang 50 meter‎. Tepatnya dari sebelah toilet di depan Pura Segara Kuta, hingga portal besi di depan kompleks warung masyarakat.

Jro Bendesa Adat Kuta, I Wayan Swarsa ketika dihubungi via telepon, Kamis (12/3) kemarin membenarkan adanya penataan kawasan di area depan Pura Segara. Di mana antara pantai dengan jalan setapak kini dibatasi oleh tembok atau sekat, guna mempercantik wilayah dan supaya pasir pantai tidak masuk ke areal jalan setapak. “Proyek desa adat ini sudah dari tiga minggu dikerjakan. Hal itu guna mempercantik pantai Kuta. Sekaligus akses pembatas antara kegiatan adat dan agama dengan aktivitas wisatawan. Lagi pula tembok ini tidak tinggi dan tidak mempersulit akses warga yang ingin ke Pura Segara,”terang Swarsa.

Proyek yang dianggarkan Rp 97 Juta dengan 40 hari kalender kerja tersebut, nantinya akan ditata dengan paras panglemanan, dan di setiap sudut sekat akan dibuatkan fondasi patung Penari Bali. Salah satunya akan ada patung tari legong kraton, sebagai simbol asal muasal tempat asli lahirnya tari legong kraton. Selain juga akan ada patung penari baris, rejang dan tarian Bali lainnya, yang semuanya berjumlah tujuh patung. “Sistemnya adalah swakelola , dan dananya berasal dari kas desa adat. Nantinya untuk patung baru kita pakai sistem kemitraan, antara desa adat dengan stakeholder pariwisata. Entah menyumbang berupa patung atau yang lainnya,”ujar Swarsa.

Sekat tersebut, diterangkan Swarsa, nantinya akan dibuatkankan plang tulisan ‘Pantai Kuta’ yang terbuat dari fiberglass. Dan, di bawahnya diisi tanaman hias.‎ Sehingga, kesan yang ditimbulkan menjadi lebih hijau dan cantik. Ditambah dengan pemasangan lampu taman yang mengarah ke patung penari dan tulisan tersebut. “Fiberglass ini dibuat oleh warga masyarakat Kuta, kita berdayakan mereka. Target selesainya pembatas dan taman kita inginkan sebelum Hari Raya Nyepi sudah selesai, namun patungnya menyusul ke depan. Sebab perlu perhitungan dan penataan biar artistik,” beber Swarsa sembari menerangkan nantinya sekat tersebut akan disertai dengan tangga setinggi 40 cm, sebagai akses pintu masuk pantai dari Pura Segara. 023

CEVAP VER

Please enter your comment!
Please enter your name here